erita
11

9 Ritual yang Biasa Dilakukan Setelah Tau Lulus SMA


HORE! Akhirnya lulus SMA! Banyak orang ngerasa udah menyelesaikan misi bak ke barat mencari kitab suci sama biksu Tong Sam Cong, soalnya SMA itu emang paling berkesan banget sih. Banyak banget hal yang terjadi semasa SMA. Ya kisah selama belajar, kisah sama temen-temen, kisah cinta, dan masih banyak deh kisah-kisah lainnya. Makanya, pas pengumuman dan tau kalo lulus itu pasti ada aja ritual yang dilakukan, seperti:

1. Sujud Syukur 

{source name="Alhamdulillah ya" url="www.viva.co.id"}
Alhamdulillah ya via viva.co.id
Ini udah common banget dilakukan sama murid-murid, mau yang relijius ataupun enggak, secara spontan pas tau ada berita menyenangkan terjadi kepadanya. Dapet pulsa nyasar goceng aja langsung sujud syukur, gimana lulus SMA?? Sujud syukur ini juga mengisyaratkan kalo kebahagian mereka udah gak terbendung dan ini jadi salah satu cara untuk mengungkapkannya. Tentunya sambil berlinangan air mata kayak lagi ngiris bawang merah 3 Kg dong.

2. Corat-coret Seragam

{source name="Dedek-dedek coret-coret" url="media.kompasiana.com"}
Dedek-dedek coret-coret via media.kompasiana.com
Ini menurut MBDC sih perayaan paling standar dan paling kuno ya. Dari jaman dulu juga kayaknya coret-coret seragam pake piloks mah udah sering dilakuin. Padahal kalo diliat-liat coretannya piloks kan gede-gede gitu ya. Nulis satu kata aja satu sisi baju udah keisi penuh. Biasanya sih selain pake piloks juga diakalin pake spidol permanen biar bisa nulis banyak dan lebih jelas.

3. Long March

{source name="Long March" url="ppmpsikomedia.wordpress.com"}
Long March ini maksudnya adalah jalan kaki rame-rame gitu seangkatan dari satu titik ke titik lainnya. Biasanya sih dimulai dari sekolah menuju ke tengah kota atau ke pusat keramaian. Misalnya ke Tugu Jogja gitu, kayak yang dilakukan siswa SMA di Jogjakarta. Kalo kotanya gak terlalu besar sih enak ya. Tapi kalo segede Jakarta cape juga jalan kaki dari Jakarta Utara ke Monas.

4. Konvoi

Nah ini versi lebih modernnya long march. Terhalang oleh kendara jarak dan kemalasan, akhirnya anak-anak yang baru lulus jalan-jalan aja gitu keliling kota naik motor beriringan. Konvoi ini kadang suka bikin rusuh juga sih. Belom lagi kalo gak pake helm. Ditilang, taunya belom punya SIM. Berabe kan.

5. Piknik

{source name="Pantaiii!" url="www.initempatwisata.com"}
Pantaiii! via initempatwisata.com
Piknik ini maksudnya adalah jalan-jalan gitu ke tempat wisata yang jauh dan dilakukan sama geng tercinta. Ke Pantai Anyer, ke Pantai Carita, naik gunung, ke Puncak, atau ke Kebun Binatang juga bisa. Pokoknya refreshing setelah pada mumet sekolah.

6. Bakar-bakaran

Bakar-bakaran atau BBQ Party ini ngebakar apa pun yang bisa dimakan. Sosis, ikan, bakso, ayam, udang, semuanya deh. Biar seru, dilakukannya malem-malem dong. Di rumah siapa kek gitu yang punya halaman rumah paling luas. Kalo enggak, di lapangan sekolah juga jadi. Asal udah ada ijin dari Kepala Sekolah sih.

7. Tanda tangan buku tahunan

{source name="Tanda tangan dooong!" url="sdn1angkasa.wordpress.com"}
Tanda tangan dooong! via sdn1angkasa.wordpress.com
Ini bentuk halus dari coret-coret di seragam. Nulis hal-hal yang gak bisa disampaikan secara langsung, curcol, bahkan nembak! Tapi hal ini bisa dilakukan kalo udah nerima buku tahunan ya, soalnya kadang ada juga tuh yang dikasih buku tahunannya pas perpisahan.

8.Pesta bikini

{source name="Parteeeeh!" url="youtube.com"}
Parteeeeh! via youtube.com
Ini dia nih yang kemaren heboh. Mereka melakukan pesta bikini setelah selesai melakukan UN. Padahal lulus atau enggaknya aja belum tau kan. Mungkin kalo lulusnya udah pasti sih dibolehin kali ya? Heh! Ngaco nih MBDC! Gak boleh lah! Mau udah lulus ataupun belom jangan pesta bikini ya! Jangan ketauan gitu. He he he.

9. Mandi kembang

{source name="Hmm seger!" url="http://indoaura.com/"}
Hmm seger! via indoaura.com
Bukan becanda ini beneran. Di Jember, Jawa Timur, tepatnya siswa-siswi SMA Pahlawan Jember pernah melakukan hal ini. Mereka dikumpulkan di lapangan dan dipanggil satu-satu ke depan untuk dimandikan oleh para guru. Kemudian murid-murid ini dikasih amplop yang isinya keterangan lulus atau enggak, dan menunggu kembali di lapangan untuk membuka amplop itu bersama-sama. Hmm unik juga ya.
Buat kamu yang baru lulus, yang mana nih yang udah dan akan kamu lakukan? Abis lulus jangan langsung foya-foya juga sih. Ingat bokap nyokap di rumah!
Previous
Next Post »